7 Langkah Cerdas Buat Ruang Keluarga Ramah Anak Wajib Coba!

Seperti yang kita ketahui, anak-anak sering melakukan “kekacauan”. Seperti, membuat lantai kotor, mencorat-coret dinding, dan lainnya.

Namun, memang seperti itulah dunia mereka.

Itulah kenapa ruangan anak kini banyak diminati.

Ruang anak dibuat untuk mempertahankan stylish-nya. Meskipun ditata untuk mereka, ruangan akan tetap bergaya.

Lalu, bagaimana cara menciptakannya? Berikut ulasan lengkapnya.

Dinding sering menjadi target bermain anak-anak. Mereka sering menggambar dinding dengan menggunakan pensil, crayon, dan lainnya. Sehingga, penampilan dinding rumah tidak lagi indah.

Anda bisa menyiasatinya dengan memilih cat yang tepat. Saat ini, telah hadir jenis cat yang bisa dicuci, atau washable. Cat tersebut cocok untuk dinding ruang keluarga.

Dengan begitu, meskipun si kecil mencoretnya, Anda dapat dengan mudah menghilangkannya

Cara mencucinya pun mudah. Cukup dengan menggunakan kain lap dan sabun. Selain cat, Anda juga bisa menggunakan dinding dari papan tulis magnetik. Dengan begitu, si kecil dapat dengan bebas menggambar dan mencorat-coretnya.

2. Pilihan Jenis Sofa Ramah Anak

Anak-anak cenderung suka bermain di sofa. Terlebih jika sofa Anda nyaman dan empuk. Si kecil biasanya gemar bergulat atau berguling di sofa. Agar sofa tetap tahan lama, pastikan Anda memilih sofa yang tepat.

Pilihlah jenis sofa dengan pelapis yang tahan cakaran, tetap lembut di kulit si kecil, dan tahan noda. Ada beberapa jenis kain yang bisa Anda pilih, seperti denim, sunbrella, kulit, dan slip-covered.

Jangan lupa juga memilih warna yang tepat. Sebaiknya pilihlah warna-warna gelap atau bold sebagai opsi terbaik.

Remah roti, tumpahan makan, debu, dan lainnya merupakan hal yang biasa di ruang keluarga.

Maka dari itu, pilihlah jenis lantai yang mudah dibersihkan. Anda bisa memilih lantai keramik atau lantai vinyl SPC (jenis laminate floor yang mudah dipasang dan anti noda).

Jika ingin memilih karpet, disarankan untuk mempertimbangkan karpet yang akan digunakan. Pilihlah karpet yang mudah dibersihkan dan dipindahkan.

4. Meja Kopi yang Ramah Anak

Meja adalah furniture wajib di sebuah ruangan.

Tentu saja ruangan Anda pun wajib dilengkapi meja. Namun, pilihlah jenis meja yang tepat. Jika suka dengan coffee table, perhatikanlah model dan desainnya.

Jenis meja kopi yang ramah bagi anak-anak di antaranya seperti:

  • Jenis meja ottoman
  • Meja dengan sudut yang tumpul
  • Jenis meja bulat

Meja yang tepat akan memberi rasa aman bagi si kecil. Terlebih, jika si kecil sedang dalam masa aktif bermain.

5. Pilih Dekorasi Ramah Anak

Ruang keluarga sejatinya harus diciptakan untuk kenyamanan seluruh anggota keluarga. Maka dari itu, buatlah dekorasi yang ramah anak.

Cara menciptakan dekorasi rumah anak terbilang sederhana. Anda bisa memajangkan hasil karya si kecil sehingga menjadi dekorasi gaya kontemporer.

6. Letakkan Mainan Favorit si Kecil

ruang keluarga ramah anak

Agar mereka fokus, letakkan mainan favorit mereka di ruang keluarga. Dengan begitu, mereka tidak mencoret dinding, berguling di sofa, atau mengacak-acak hal lainnya.

Anda bisa meletakkannya di tempat yang strategis dan mudah dijangkau.

7. Pilihan Furniture yang Tepat

Pilihlah furniture yang tidak bersudut tajam. Hal ini demi keamanan dan kenyamanan si kecil. Sebelum Anda membeli kursi, lemari, maupun meja, perhatikanlah sudut tajamnya.

Kenapa demikian?

Karena sering terjadi peristiwa si kecil jatuh ketika bermain. Tubuh si kecil bisa saja terkena pada bagian sudut furniture dan membahayakan mereka.

Ruang keluarga ramah anak tidak hanya memberi kenyamanan bagi si kecil. Tapi, memberi keamanan juga pada mereka.

Si kecil akan lebih leluasa ketika bermain di ruang keluarga.

Begitu juga Anda, kini Anda tidak perlu panik jika si kecil bermain di sofa, atau menggambar di dinding.

Demikian cara ciptakan ruang keluarga ramah anak. Ide di atas bisa Anda aplikasikan dengan memilih furniture yang tepat.

Selamat mencoba!