Inspirasi

Bebas Pusing Dengan Bahan Bangunan Yang Awet

Secara, material atau bahan bangunan yang awet akan berpengaruh pada kelangsungan bangunan di masa depan.

Sebelum masuk ke pembahasan inti, mari pahami terlebih dahulu tentang berbagai macam jenis bahan bangunan dan kegunaannya.

Beragam Jenis Bahan Bangunan yang Ada di Pasaran 

1. Pasir

Pasir adalah jenis bahan bangunan yang lazim digunakan. Pasir berfungsi untuk campuran bahan lain seperti semen dan batu. Ia memiliki harga jual yang lumayan mahal lantaran cara mencari bahan bakunya yang sulit.

2. Semen

Bahan ini biasanya bertekstur lembut dan berwarna abu-abu. Ia berguna untuk merekatkan batu bata pada dinding atau fondasi. Harganya tidak terlalu mahal namun ia mudah membatu jika disimpan lama.

3. Besi atau Baja

Ia merupakan konstruksi utama dari berdirinya sebuah bangunan. Ia membuat bangunan menjadi kokoh dan kuat.

4. Batu

Batu adalah komponen pembuat fondasi rumah. Ia biasa disatukan dengan campuran semen dan pasir.

5. Genteng

Bahan bangunan awet ini letaknya di atas rumah dan berfungsi sebagai penutup. Genteng terdiri dari berbagai macam ukuran dan bentuk yang berbeda-beda.

6. Keramik

Keramik adalah jenis material bangunan yang digunakan untuk lantai. Ia bercorak dan mempunyai ukuran yang berbeda-beda.

7. Kayu

Bahan material yang terbuat dari alam ini biasanya digunakan untuk pembuatan pintu, jendela dan juga lantai. Setiap jenisnya memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda-beda.

Untuk Anda yang saat ini sedang mencari berbagai jenis bahan bangunan, perhatikan beberapa tips mengenai cara memilih bahan bangunan yang awet.

Tips Memilih Bahan Bangunan Awet dan Berkualitas

Berikut cara sederhana memilih bahan bangunan untuk konstruksi pembangunan rumah :

1. Pandai dalam memilih kualitas semen dan pasir

Tips memilih bahan bangunan yang awet yang pertama adalah jeli dalam memilih kualitas semen yang bagus. Ciri semen yang baik biasanya memiliki tekstur halus dan mudah untuk diaplikasikan. Produk semen yang dijual di pasaran kini makin beragam. Anda tinggal memilih merk mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk jenis pasir yang baik biasanya yang tidak banyak mengandung lumpur. Pasir yang banyak mengandung lumpur selain kurang efektif untuk bangunan juga mengakibatkan pemborosan pada semen.

Pasir mundu adalah jenis pasir yang terbaik untuk Anda gunakan. Pasir ini memiliki ciri tekstur yang cukup kasar. Namun sebelum digunakan ia harus disaring terlebih dahulu.

Ciri pasir bagus yang dapat Anda lihat dengan melakukan sebuah pengujian di tangan Anda. Caranya cukup genggam pasir sebanyak genggaman tangan. Genggam dengan erat, jika terasa sakit, berarti pasir tersebut memiliki kualitas yang baik.

2. Pilih batu belah untuk kualitas fondasi yang terbaik

Gunakan jenis batu belah untuk konstruksi bangunan rumah Anda. Batu semacam ini biasanya berasal dari pecahan batu besar yang memiliki warna hitam pekat. Batu belah dapat memperkuat fondasi karena dapat mencengkeram dengan kuat. Dengan demikian fondasi yang Anda buat akan awet dan kokoh.

3. Pilih jenis batu bata yang berkualitas baik

Batu bata adalah jenis bahan bangunan yang awet dengan harga murah. Ia biasa digunakan untuk dinding sebagai pengganti batako. Batu bata dapat membuat bangunan menjadi kokoh dan kuat. Jika ia tergolong jenis yang sempurna maka akan terlihat pada teksturnya yang keras namun ringan. Tak banyak yang tahu bahwa material yang satu ini dapat menyerap panas di dalam ruangan.

4. Pilih kayu yang berkualitas tinggi

Meski sudah berada di jaman modern, rupanya kayu masih menjadi unsur penting dalam sebuah bangunan. Pemakaian material kayu justru akan membuat desain rumah kian artistik.

Namun Anda juga harus pandai dalam memilih berbagai jenis kayu terbaik. Kayu jati, akasia dan kayu ulin adalah tiga jenis kayu terbaik yang dapat dijadikan pilihan. Kayu yang berkualitas merupakan bahan bangunan yang awet untuk rumah Anda.

Selain dari segi bahan hal lain yang harus Anda perhatikan adalah alat-alat bangunan berstandar. Karena selain digunakan untuk mempermudah pengerjaan, alat bangunan yang lengkap dan berstandar dapat menjamin hasil dan kualitas sebuah bangunan.

Demikian pembahasan mengenai cara memilih bahan bangunan yang awet dan murah yang dapat saya berikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *